loading...

Yang Menangis Saat Membaca Quran, Bukan Pria Cengeng. Setuju atau Nggak?

Pernahkah kita menangis ketika membaca ayat suci alquran? Dari Abu Hurairah ra. ia berkata, “Ketika turun ayat ‘Afamin hadzal haditsi ta’jabuun, dst’ (QS An Najm ayat 59-61, yang artinya, ‘Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini? Dan kamu mentertawakan dan tidak menangis? Sedang kamu melengahkan(nya)’), menangis lah para sahabat (ahli shuffah) hingga mengalirlah air mata mereka membasahi pipi, dan ketika Rasulullah mendengar tangisan mereka, beliau pun menangis bersama mereka, maka kami pun menangis karena (terdorong) oleh tangisan beliau.

Beliau bersabda, ‘Tidak akan masuk neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah dan tidak akan masuk surga orang yang terus menerus berbuat dosa. Sekiranya kamu tidak berdosa, pasti Allah akan mendatangkan orang-orang berdosa kemudian Dia mengampuni mereka.” (HR. Al Baihaqi).
Ada satu momen, Sob, saat Rasulullah menangis karena mendengar ayat suci alquran dibacakan.
Dari Ibnu Mas’ud ra. ia berkata, Nabi SAW berkata kepadaku, “Bacalah alquran untukku.”
Maka aku menjawab, “Wahai Rasulullah, bagaimana aku membacakan alquran untukmu, bukankah alquran diturunkan kepadamu?”
Nabi SAW bersabda, “Aku suka mendengarnya dari selainku.”
Lalu aku membacakan untuknya surat An Nisa’ hingga sampai pada ayat (yang artinya), ‘Maka bagaimanakah (halnya orang kafir nanti), apabila Kami mendatangkan seseorang saksi (Rasul) dari tiap-tiap umat dan Kami mendatangkan kamu (Muhammad) sebagai saksi atas mereka itu (sebagai umatmu).’ (QS. An Nisa’ ayat 41).
Beliau berkata, “Cukup.”
Maka aku menoleh kepada beliau, ternyata kedua mata beliau dalam keadaan bercucuran air mata.” (HR. Bukhari no. 4582 dan Muslim no. 800).
Manusia yang sudah dijamin masuk surga sekelas Rasulullah saja, menangis, Sob, ketika mendengar ayat suci alquran dibacakan. Bagaimana dengan kita?
Takut pada Allah dan menangis saat membaca alquran adalah sifat terpuji. Seperti yang disebutkan dalam ayat, 
“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Quran yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah.” (QS. Az Zumar: 23).
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.” (QS. Al Anfaal: 2).
Hal ini menjadi pengingat bagi kita, Sob. Agar saat membaca alquran benar-benar merenungi maknanya, agar ayat-ayat alquran yang kita baca, berpengaruh pada hati kita. Juga agar kita bisa menikmati menangis yang menjadi ibadah karena rasa takut kita pada murka dan siksa Allah ta’ala, sehingga kita benar-benar menjaga diri dari perbuatan maksiat dan dosa.
Rasulullah SAW bersabda, “Ada dua buah mata yang tidak akan tersentuh api neraka; mata yang menangis karena merasa takut kepada Allah, dan mata yang berjaga-jaga di malam hari karena menjaga pertahanan kaum muslimin dalam (jihad) di jalan Allah.” (HR. Tirmidzi (1639), disahihkan Syaikh Al-Albani dalam Sahih Sunan At-Tirmidzi (1338).


Selamat Datang...

Bantu SHARE Ya....

Tekan 2 kali (X) tuk menutup
x